Rabu, 07 Desember 2011

PERTEMUAN II INPUT DARI KEYBOARD

Setelah mempelajari variable, kini anda akan mempelajari cara mengisi variable melalui input
keyboard. JAVA menggunakan  iostream (komponen siap pakai untuk input output) untuk
melakukan proses ini.
Komponen Stream dipanggil menggunakan perintah import, perintah import selalu diletakkan di
awal program misal:
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
public class MasukkanData{
 public static void main(String[] args){
 BufferedReader baca = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)
 }
}
baca disiapkan sebagai variable yang akan menampung semua Stream / Ketikkan yang akan
dimasukkan dari keyboard. Setiap data yang dimasukkan menggunakan Stream akan bertipe
data String, untuk itu khusus bagi data yang seharusnya bertipe Interger, Float atau Double harus
dikonversi dari tipe String ke angka menggunakan masing-masing fungsi konversi yaitu
ParseInt, ParseFloat dan ParseDouble.
JAVA mengharuskan anda menggunakan Error Trap / Perangkap kesalahan, untuk mencegah
kesalahan pengisian data yang tidak sesuai dengan Tipe, misal anda seharusnya mengisi data
bertipe Integer tetapi anda mengisi dengan data bertipe String: diminta memasukkan umur
berupa angka 17, tetapi anda memasukkan “17 Tahun”. Untuk itu Error Trap yang harus
digunakan adalah try..catch, jadi sebelum perintah membaca data dari keyboard,  awali dengan
perintah
try{
      ….
      Proses input dari keyboard
       …..
      akhiri dengan perintah
      }catch(Exception e){}.

Sumber : http://www.gabrielsooai.com/pdf/Algoritma_1.pdf

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Algoritma , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2872/1/Algoritma%20Genetik%20Pada%20Pencarian%20Rute%20Terpendek%20Dalam%20Masalah%20Tranvelling%20Salesman%20Problem%28TSP%29--D11.pdf semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus